Perubahan lingkungan internal dan external berpengaruh besar terhadap keberlangsungan suatu organisasi. Fenomena ini terjadi di Indonesia pada saat ini dimana pengaruh lingkungan internal seperti kenaikan harga-harga input produksi telah memicu beberapa organisasi mengalami perlambatan di dalam pertumbuhannya. Demikian pula dengan pengaruh lingkungan eksternal seperti nilai tukar rupiah yang terus melemah serta kebijakan APBN yang terlalu ketat turut memicu pelemahan pertumbuhan suatu organisasi. Menghadapi hal tersebut suatu organisasi dirasa perlu dapat menyusun goals (sasarannya)nya dengan baik.
Untuk
menyusun goals yang baik serta strategi yang mengikutinya maka perlu manager
secara mendetail menguraikan beberapa factor yang penting dalam perusahaan. Dalam
ilmu manajemen untuk pengelolaan berbasis efisien dan efektif maka diperlukan
prinsip POAC
P : Planing
(perencanaan di semua langkah)
O : Organizing
(Pembagian unit kerja)
A : Actualing
(pelaksanaan kerja berdasarkan rencana kerja yang telah diatur dalam strategi
yang telah direncanakan)
C : Controling
(Evaluasi disemua lini)
Ke
empat prinsip ini saling mempengaruhi untuk proses kerja perusahaan. Ke empat
prinsip ini juga perlu dijabarkan kembali dengan langkah-langkah sebagai
berikut :
1.
Mengidentifikasi sasaran
Setidaknya tuliskan 3 sasaran belajar anda. Sasaran
ini harus berada di bawah kendali anda dan ditulis serinci mungkin.
2.
Penetapan prioritas
Selanjutnya perlu dibuat peringkat dari sasaran yang
telah ditentukan dan ditulis. Kemudian berikan peringkat 1 (satu) bagi sasaran
yang dianggap paling penting. 2 untuk yang berikutnya penting, 3 untuk sasaran
yang paling dianggap kurang penting diantara ketiga sasaran tersebut.
3.
Pertimbangan waktu
Kelompkoan sasaran kedalam tiga kelompok berdasarkan
waktu, yaitu kelompok sasaran untuk jangka panjang, jangka menengah, jangka
pendek
4.
Pembagian sasaran kedalam langkah-langkah kegiatan
Bagi
sasaran anda ke dalam rincian langkah yang mendekatkan kepada sasaran.
5.
Penelaahan kemajuan
Perlu diciptakan proses penelaahan hasil kerja.
Evaluasi dapat dilakukan secara harian atau mingguan. Kegiatan ini akan
bermanfaat untuk menelaah masih berapa jauh anda dari sasaran yang anda
tetapkan.
6.
Perbaikan Sasaran (bila diperlukan)
Fleksibilitas adalah kunci dalam menetapkan sasaran.
Bersiaplah memperbaiki sasaran bila ditekan oleh waktu.
Sehingga
dalam permasalahan biaya produksi yang meningkat, maka manager dapat melakukan
manajemen biaya untuk mengurangi biaya yang tinggi yang dapat mengakibatkan
harga barang yang diproduksi dapat meningkat. Harga produk yang terlalu tinggi
dapat mengakibatkan konsumen enggan untuk membeli kembali. Manajemen biaya
merupakan salah satu planning manager agar perusahaan dapat mengeluarkan produk
dengan harga standar setelah terjadi kenaikan biaya produksi. Salah satu strategi manajemen biaya adalah
subtitusi biaya. Subtitusi baiaya merupakan salah satu rencana kerja atau
actualing yang dilakukan oleh bagian finance dengan divisi yang terkait
(organizing)
Biaya
produksi adalah beban yang harus ditanggung oleh produsen dalam bentuk uang
untuk menghasilkan suatu barang / jasa.
Biaya produksi dapat meliputi unsur-unsur sebagai berikut:
a. Bahan baku atau bahan dasar termasuk bahan
setengah jadi.
b. Bahan-bahan pembantu atau penolong
c. Upah tenaga kerja dari tenaga kerja kuli
hingga direktur.
d. Penyusutan peralatan produksi.
e. Uang modal, sewa.
f. Biaya
penunjang seperti biaya angkut, biaya administrasi, pemeliharaan, biaya
listrik, biaya keamanan dan asuransi
g. Biaya pemasaran seperti biaya iklan
h. Pajak
Pandangan
akuntan mengenai biaya menekankan pada biaya-biaya langsung, biaya-biaya
historis, dan biaya-biaya lainnya. Maka devinisi biaya menurut ahli ekonomi
setiap sumberdaya adalah pembayaran yang diperlukan supaya sumber-sumber daya
tersebut pada penggunaannya yang sekarang. Dengan kata lain biaya ekonomi suatu
sumber daya tersebut pada alternative kesempatan penggunaannya yang terbaik
(walter,1991).
Subtitusi
biaya dapat dilakukan jika biaya produksi meningkat. Salah satu subtitusi biaya
adalah menekan biaya lain seperti pemasaran dimana biaya pemasaran dapat
ditekan jika produk sudah dikenal dikonsumen. Penekanan biaya pemasaran juga
perlu ditinjau kembali(controlling) setelah kurun waktu tertentu untuk
mengetahui pengaruh biaya pemasaran terhadap jumlah konsumen dan jumlah produk
yang terjual. Evaluasi penekanan biaya pemasaran akan menghasilkan perencanaan
ke depan terkait manajemen biaya yang telah dilakukan.
How to make money from bitcoin - WorkPaperMoney
BalasHapusA beginner's guide to cryptocurrency gaming. Learn all about making 온카지노 money online and how to make money online. Learn how to make How 카지노사이트 do you make money online?What does making money หารายได้เสริม online make?