Kamis, 30 Mei 2013

CORE LAP PADA PLYWOOD ATAU KAYU LAPIS

Core Lap, atau sebagian ahli menyebutnya tumpang tindih, adalah suatu keadaan di mana vinir yang membentuk kayu lapis salah letak sehingga menghimpit vinir di sebelahnya. Bagi zulkar9 sendiri, core lap adalah tumpang tindihnya salah satu atau beberapa lapisan vinir yang membentuk kayu lapis. Mungkin gambar di bawah ini bisa lebih menjelaskan seperti apa core lap itu. Monggo.
Core Lap
Core Lap
Core Lap ini bisa terjadi pada short core atau pun long core (termasuk face dan back vinir). Untuk jenis-jenis core/lapisan pada kayu lapis akan kita bahas di artikel lain. Intinya pada saat proses veneer preparation, masalah ini belum diperbaiki. Seharusnya, jika pada saat veneer preparation (perbaikan vinir sebelum vinir dimasukan ke dalam proses pengeleman dan penyatuan menjadi panel), ditemukan vinir yang saling tumpang tindih, salah satu bagian yang tumpang tindih tersebut dibuang dengan menggunakan cutter. Sehingga kondisi vinir menjadi rata (tidak ada yang tumpang tindih). Dan di beberapa perusahaan, setelah pemotongan bagian yang tumpang tindih tersebut, pada tepi vinir yang dipotong tadi, diberikan gum tape ataupun “solatip” khusus agar tidak terjadi tumpang tindih lagi pada saat vinir dimasukkan ke dalam proses pengeleman.
Long Core Lap
Long Core Lap
Last, untuk menjaga kualitas kayu lapis yang dihasilkan, ada baiknya setiap pekerja diawasi dan dibimbing agar mau untuk membuang bagian vinir yang tumpang tindih tersebut. Karena bukannya tidak mungkin faktor human error sering terjadi. Baik lolos dari penglihatan pekerja atau pun pembuangan bagian yang tumpang tindih terlalu besar, yang akhirnya akan mengakibatkan cacat lain, core void atau open split misalnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar